Siapa Cepat, Dia Dapat

Buat mahasiswa yang kuliah di Surabaya, siapa yang gak kenal dengan warung kopi gresik. Warung jajanan yang tak lengkap kalo gak ada kopi, goreng-gorengan, dan tentu saja koran. Dulu, salah satu motivasiku pergi ke warung gresik ya buat mbaca koran, nomor dua baru buat nyikat jajanan yang ada disitu. Tapi seiring dengan mengecilnya otot kakiku karena terlalu sering berinteraksi dengan komputer, aku jadi jarang ke warung gresik. Dan kebiasaan mbaca koran aku lampiaskan lewat internet aja (bisa tambah kecil nih kaki :mrgreen: ).

Kulampiaskanlah keinginan baca koran itu di beberapa website penyedia berita seperti Jawapos dan Media Indonesia. Nha..bagi yang sering ngunjungin Media Indonesia, pasti tahu lah ada beberapa perubahan ahir-ahir ini. Salah satunya ya nama domainnya itu.

Dulu mereka pake www.mediaindo.co.id, tapi sekarang pake www.media-indonesia.com. Buatku, baik itu domain yang lama atopun yang baru, sama-sama susah untuk diinget. Domain yang lama motongnya gak sip, domain yang baru pake ada karakter “-” segala. Aneh kan?

Mang apanya yang aneh? Menurutku sih aneh, kenapa mereka gak pake domain www.mediaindonesia.com 🙄 ? Usut-punya-usut ternyata domain itu udah ada yang punya, dan sialnya tuh domain dijual (pasti harganya tinggi, sampe-sampe Media Indoensia ga mampu mau beli 😈 )

Seingetku dulu pas masih awal-awal jadi penggemarnya Media Indonesia Online, aku sering salah ketik dengan alamat domain yang lagi dijual orang itu, tapi waktu itu (seingetku) masih belum ada yang punya.

Jadi inge, aku juga sempat mau bikin usaha clothing, kita kasih nama usaha kita tuh unfinite, logonya ya yang disamping itu. pas tau kalo domain www.unfinite.com udah ada (mana logonya lebih keren lagi, sial 👿 ), maka sirnalah sudah harapan mo pake nama unfinite. Tapi sekarang kita udah punya nama baru, unrage, website kita di www.unrage.com :mrgreen:

Kayaknya model jual-beli kayak gini sudah umum di jaman sekarang ini. Terang aja, internet udah bukan lagi nilai tambah bagi perkembangan bisnis, tapi udah seperti jadi kebutuhan.

Ambil Hikmahnya
Dan bukan cuma nama domain saja yang ada makelarnya, nama badan usahapun mungkin juga ada makelarnya. So..dari kasus tersebut (yang kebenaranya hanya dilandaskan pada opini penulis :mrgreen: ), ada beberapa hal yang bisa kita ambil hikmahnya. Beberapa diantaranya adalah:

  • Daftarin Badan Usaha

Kalo kita punya unit usaha, dan yakin bahwa usaha itu bakal berkembang, dan lagi ada uang untuk investasi, jangan sungkan-sungkan buat ndaftarin badan usaha kita. Daripada nanti diambil orang dan ahirnya kita “diperas”, iya kalo meresnya manusiawi, kalo enggak, bisa-bisa kita harus merelakan usaha yang kita rintis sejak masih imut diambil orang. Sedih kan.. 😦

  • Kuasai Produkmu

Maksudnya, jangan sampe gegabah dalam membuat produk yang ternyata udah dimiliki dengan sepenuh hati dipatenkan oleh orang lain. Bahaya..tapi bukan suatu hal yang tabu dilakukan. Intinya jangan sampe produk kita terkenal, banyak peminat, dan itu sudah dipatenkan sama orang, maka sangat mungkin kalo suatu saat orang itu bakal “menerkam” kita.  apalagi kalo ternyata orang itu ternyata adalah kompetitor sejatimu, harus extra hati-hati nih :p

  • Lakukan segera

Ga usah nunggu, selagi ada duit kesempatan jangan sepelekan masalah ini. Selagi ada anggaran untuk investasi, lakukan segera.

Yah, masalah kayak gini udah gak kenal siapa yang lebih dulu eksis, akan tetapi hukum yang mengatur adalah sapa yang cepet dialah yang dapet.

Advertisements

6 Responses to “Siapa Cepat, Dia Dapat”

  1. abdulmuneverlose Says:

    Pertamax !!!

    Jadi ada ide nih buat ndaftarin abdul*********** jadi nama domain :p, biar ga ada yang ngedahuluin …

  2. kakilangit Says:

    abdulmuneverlose:
    Mmm…kalo nama domain yang abdul*********** mah gak usah kawatir…gak bakalan ada yang ngambil kok 😀

  3. koecing Says:

    waaa… g’cerita2 k adek… :manyun:

  4. kakilangit Says:

    koecing:
    cerita apaan pus? klo namanya ganti? hehehe…tuh udah diceritain di blog 😀

  5. Paijo Says:

    Bicara soal domain, emang betul tuh. beberapa bulan lalu saya juga ditawari untuk membeli domain punya orang yang namanya paijo.com tapi saya tidak sempat nanya harga yang diminta karena gak minat babar blas, mungkin mahal juga. Mungkin dia kira saya banyak uang kali. Daripada untuk beli domain, kan mendingan untuk beli alat dan bahan eksperimen. Salam eksperimen aja.

  6. anton Says:

    wah makasih info bagus mas. selalu mengikuti perkembangan ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: