Alam begini, karena kita begitu..

“Siang Pak”

“Siang”

“Tolong SIM dan STNK-nya Pak”

Pak Polisi itu membuka-buka STNK dan SIM-ku, pandanganya berhenti agak lama pas mbaca SIM-ku. “Sial, masak SIM-ku wes mathek, padahal baru tak perbarui deh”.


“Dari McGetan Pak?”

“Iya”, jawabku. Untung aja aku ga nyeletuk, “Tahu darimana pak?”

“Ga kena tanah longsor pak? Saya Dari Madiun, tempat saya kena Banjir”.

“Ooo…Alhamdulillah daerah saya aman pak, dan mudah2an musibah di tempat bapak bisa segera diatasi”.

Setelah diberi hormat, aku bersama rombongan segera melanjutkan perjalanan.

Memang akhir-akhir ini musibah datang silih berganti, laksana ombak yang tak kunjung habis. Azab?

Musibah itu mungkin cobaan, tapi itu berlaku cuma untuk segelintir orang.

Seandainya musibah2 itu memang diturunkan Yang Maha Kuasa sebagai azab, berarti kita memang kaum yang cukup bengal sehingga perlu didatangkan azab secara simultan. Entah momen inersia kita terlalu besar sehingga perlu ratusan musibah lagi untuk membuat kita bisa bergerak.

Apalagi kalau ditilik, musibah yang kerap melanda negeri ini, juga tak lepas dari busuknya perilaku sebagian penduduknya. Mulai dari pembalakan liar, pembukaan lahan berpindah, buang sampah sembarangan, merpakan tindakan gak bertanggung jawab yang mungkin dijadikan oleh Yang Maha Kuasa sebagai perantara untuk menghukum kita.

Itu baru sebagian musibah yang sudah terlihat. Perlu juga diwaspadai musibah lain yang belum terlihat. Penggundulan hutan selain membuat tanah jadi gak produktif dalam menyerap air, juga membuat udara negeri ini semakin kotor. Kotor karena udara hasil knalpot kendaraan bermotor tak lagi mampu disaring oleh daun-daun pepohonan di negeri ini.

Yah g salah kalo alam semakin hari semakin rusak, lawong kitanya kurang bisa menjaga kelestarian alam. Blom lagi kalo disangkutpautin sama isu global warming.

Mau tetap bergulat dengan musibah demi musibah? Semuanya bergantung dari kita.

next isue: Global Warming

Advertisements

14 Responses to “Alam begini, karena kita begitu..”

  1. sluman slumun slamet Says:

    lho polisinya kebanjiran ya?

  2. aRuL Says:

    bangkit lagi cak?
    yah kita harus bijak terhadap alam, saat ini mungkin ngak kena tapi suatu saat ketika tidak dijaga akan memberikan dampak luar biasa.

  3. vend Says:

    kita begini, karena alam begitu? πŸ™„

  4. dnial Says:

    Aku ingin begini aku ingin begitu πŸ˜€

    Ada bencana yang emang inevitable kayak gempa, badai, angin puting beliung ato gunung meletus.

    Ada yang bisa diatasi kayak banjir, longsor dll.

    Jadi inget wawancara korban longsor sama TV swasta:
    Wawancara : Apa bupati sudah memberi bantuan bibit pohon untuk ditanami di bukit ini?
    Korban : Sudah pak, tapi kami kembalikan lagi, soalnya apa untungnya nanem pohon, mending ditanamin palawija.
    Wawancara : Nah sekarang gimana?
    Korban : Ya maunya nanem pohon pak

    kurasa kata-kata, “I told you so” nggak cukup….

  5. shinobigatakutmati Says:

    haiyah… kayaknya polisi kudu dapat resolusi di tahun 2008 ini yach hehehehe πŸ˜›

  6. alfaroby Says:

    alam hanya tunduk pada 1 orang saja

    yakni

    FETI VERA

    *kabur*

  7. rie Says:

    lho..cerita tentang SIMnya kok ngga ‘berlanjut’? πŸ˜†
    *hukum kesamaan dalam interpersonality πŸ˜›

  8. Willy Ediyanto Says:

    Wah, kotaku sudah penuh dengan asap. Seminggu lagi gak akan ada penerbangan dan pelayaran.
    Mau makan apa kalau bahan pangan masih harus impor dari Jawa.
    Kalimantan Tengah kan jarang penduduknya mau bertani. Maunya memanfaatkan/menyerakahi hasil alam.
    Habis kayu, pasir, emas, pasir besi. Sekarang gambut pun di/terbakar.

  9. prasta Says:

    ngeri pek postingan’e

    terbuaek guru .. πŸ™‚

  10. mahabbahtedja Says:

    alam?
    sebelum menciptakan alam, Tuhan menciptakan sapa hayooo?

    πŸ˜€
    menciptakan vettyverra. πŸ˜€
    Soo, Alam begini, karena vettyverra begitu..

    salam kenal dari saya.

  11. Rudi Says:

    bencana ada karena kita berencana dengan sekenanya….

  12. Rental mobil Says:

    ada sebab ada akibat. itulah hukum alam πŸ˜€

  13. Pasang iklan baris Says:

    jangan salahkan alam dia hanya seorang penyanyi πŸ™‚

  14. Harmendo Says:

    nice blog..
    salam kenal
    Harmendo

    at ” memen.wordpress.com β€œ


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: